Syarat dan ketentuan

SELAYANG PANDANG
Lomba Lintas Alam Lembaga kemahasiswaan (LLALK), secara konsisten, diadakan setiap tahunnya dengan mengundang seluruh Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Organisasi Daerah (OMDA) dengan tujun menjalin silahturahim dan ajang berkumpul dan saling mengenal antar LK dan OMDA di IPB dan untuk meningkatkan kecintaan kepada alam dan lingkungan sekitar.
Kegiatan ini berupa pengenalan alam sekitar Kampus IPB Darmaga dengan memadukan unsur-unsur nasionalisme, budaya, sejarah, pengetahuan mengenai IPB, dan pengetahuan umum dalam rangka mengasah kreatifitas, keterampilan, kedisiplinan, pengetahuan, kebersamaan, dan keceriaan. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk yang menarik sebagai salah satu upaya menumbuhkan jiwa kreatif mahasiswa dan sarana menggali inspirasi dari alam dan lingkungan sekitar.

TUJUAN
1. Ajang silaturahmi dan kebersamaan antar kelompok kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor.
2. Menumbuhkan kepekaan, kesadaran, dan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar.
3. Meningkatkan kekompakan dan rasa kekeluargaan para peserta agar dapat menjadi tim yang solid, tanguh, dan handal.

TEMA
Kegiatan ini bertemakan “Selamatkan Alam Untuk Masa Depan”

MOTO
Motto lomba ini adalah “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”

DESKRIPSI KEGIATAN
1. Kegiatan Umum
No. Nama Subkegiatan Deskripsi Singkat
1. Registrasi Ulang Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 07.45 WIB. Peserta yang tidak melakukan registrasi sampai dengan pukul 07.45 WIB akan dinyatakan tidak hadir.
2. Upacara Pembukaan Kegiatan ini akan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan pada pukul 08.00 WIB, dan bertempat di Lapangan Rektorat Andi Hakim Nasoetion.
3. Upacara Penutupan Kegiatan ini akan ditutup pada pukul 18.00 WIB oleh Pembina UKM Pramuka IPB, dan bertempat di Lapangan Rektorat Andi Hakim Nasoetion. Setelah upacara penutupan, panitia akan menyerahkan sertifikat untuk setiap peserta.

2. Kegiatan Lomba
Setiap peserta LLALK VII akan melakukan perjalanan dari Lapangan Rektorat menuju puncak Gunung Kapur dengan perjalanan penuh tantangan. Pada setiap perjalanan, akan terdapat ada pos sub lomba yang nilainya akan diakumulasikan untuk menentukan Juara I, Juara II, dan Juara III. Setiap sub lomba yang ada pada setiap pos disajikan dalam tabel di bawah ini.
NO. NAMA SUBLOMBA DESKRIPSI SINGKAT PERSENTASE PENILAIAN
1. Lomba Pengetahuan Umum Pos ini menguji pengetahuan umum (terkait sejarah dan informasi terbaru tentang Indonesia dan dunia). Nilai Benar (maks
100) x 15%
2. Lomba Pengetahuan IPB Pos ini menguji pengetahuan (terkait sejarah dan informasi terbaru) tentang IPB. Nilai Benar (maks
100) x 15%
3. Lomba Keterampilan Pramuka (terdapat lomba keterampilan pramuka 1 dan 2). Pos ini menguji ketrampilan peserta dalam memecahkan sandi Pramuka, kemampuan indera manusia (KIM), dan tanda-tanda alam. Nilai=Ketepatan
(100) + Kecepatan
(100) Total Nilai (maks 200) x 10%
4. Dinamika Kelompok (terdapat pos dinamika kelompok I, II, dan III). Pos ini menguji kekompakan tim dalam memecahkan masalah sederhana yang diberikan. Nilai= Ketepatan
(50) +
Waktu (150)
Total Nilai (maks
200) x 10%
5. Urutan Kedatangan Setiap tim akan diurutkan berdasarkan waktu kedatangan di pos terakhir. Tim yang datang pertama di pos terakhir akan mendapatkan nilai 100. Berlaku pengurangan dengan kelipatan lima untuk kedatangan berikutnya. Nilai x 5%
6. Foto Eksis Selama kegiatan berlangsung, setiap tim mengunggah minimal
satu foto unik ke Instagram dengan tagar #LLALKVII #pramukaipb dan #ipb dengan menggamit (mention) akun @pramukaipb dan @ipbofficial. Foto yang
dinilai adalah foto yang
diunggah pada Hari ‘H’
sebelum pukul 15.00 WIB. Tema foto: potret masyarakat,
lingkungan, dan kebersamaan tim. Keunikan Foto (50)
+ Kreatifitas (30) +
Kesesuaian dengan
tema (20)
Total nilai (maks 100) x 5%
TOTAL NILAI 100
Catatan: Nilai maksimal untuk setiap sublomba akan dikalikan dengan persentase penilaian, kemudian dijumlahkan untuk diperoleh nilai akhir setiap kelompok.


Tabel Akumulasi Nilai
Nama Sublomba Persentase
Lomba Pengetahuan Umum 15%
Lomba Pengetahuan IPB 15%
Lomba Keterampilan Pramuka 1 10%
Lomba Keterampilan Pramuka 2 10%
Dinamika Kelompok 1 10%
Dinamika Kelompok 2 15%
Dinamika Kelompok 3 15%
Urutan Kedatangan 5%
Foto 5%
TOTAL NILAI 100% 100%

PESERTA
1. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa IPB yang tergabung dalam Lembaga Kemahasiswaan, Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA), Lembaga Struktural, maupun kelompok lainnya yang ada di IPB.
2. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh pada bit.ly/daftarllalk2017 dan menyerahkannya secara langsung di Sekretariat UKM Pramuka IPB (Gedung PKM Lantai I, Jalan Agatis Nomor 1, Kampus IPB Darmaga) atau dapat mengirimkan formulir yang telah diisi (dalam file .doc) melalui email ke llalk2017@yahoo.com.
3. Peserta wajib melakukan daftar ulang maksimal 1 jam sebelum kegiatan dimulai dengan menyerahkan berkas berikut:
a. Bukti Pembayaran.
b. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiwa (KTM).
4. Peserta mengenakan pakaian santai/olahraga yang mencirikan IPB, minimal memiliki logo IPB pada baju tersebut. Pakaian harus tetap memperhatikan Etika Berpakaian Institut Pertanian Bogor, peserta diperkenankan memakai pakaian lapang dari organisasi.
5. Perlengakapan yang harus dibawa per tim, yaitu:
a. Jas Hujan (wajib untuk setiap individu).
b. Obat Pribadi (wajib untuk setiap individu).
c. Pakaian ganti (wajib untuk setiap individu).
d. Camilan atau bekal pangan sesuai kebutuhan tim.
e. Telepon genggam dengan Global Positioning System (satu per tim).
f. Papan jalan (satu per tim).
g. Pena bertinta hitam (minimal dua per tim).

6. Pada saat lomba, peserta dilarang:
a. Memotong rute.
b. Menunjukkan sikap yang tidak baik saat melewati desa.
c. Berkata-kata yang tidak sopan.
d. Merusak lingkungan atau fasilitas umum.
e. Membuang sampah sembarangan.

7. Fasilitas Peserta:
b. Tanda Peserta (satu tiap tim)
c. Konsumsi (snack pagi, makan siang, dan snack sore).
d. Transportasi dari Gunung Kapur ke Lapangan Andi Hakim Nasoetion,
e. Sertifikat Peserta (maksimal 2 minggu setelah kegiatan).

HADIAH
1. Juara I berhak memperoleh Piala Bergilir Rektor IPB dan Piala Tetap, piagam penghargaan Juara I, dan uang pembinaan sebesar Rp. 2. 000.000,- (Dua juta rupiah).
2. Juara 2 berhak memperoleh Piala Tetap, piagam penghargaan Juara II, dan uang pembinaan sebesar Rp. 1. 500.000,- (Satu juta rupiah lima ratus ribu rupiah).
3. Juara 3 berhak memperoleh Piala Tetap, piagam penghargaan Juara III, dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000. 000,- (Satu juta rupiah).
4. Kategori juara lainnya berhak memperoleh bingkisan menarik.

LINI MASA
1. Waktu Pendaftaran
Waktu Pendaftaran dimulai tanggal 28 September 2017 – 8 Oktober 2017

2. Temu Teknis (Technical Meeting)
Temu teknis diadakan untuk menyepakati segala ketentuan terkait perlombaan. Agenda ini dijadwalkan pada 9 November 2017.

3. Pelaksanaan Kegiatan*
Hari/Tanggal : Minggu, 12 November 2017
Pukul : 06.00 – 18.00 WIB
Tempat : Lapangan Andi Hakim Nasoetion-Gunung Kapur, Ciampea

PEMBAYARAN
Uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (Dua ratus ribu rupiah) untuk setiap tim, dibayarkan via Bank BRI atas nama LATIFAH AZHARI dengan Nomor Rekening 059501007045533.
NARAHUBUNG
Syahlul Fadhil (087781174675)
RA. Soebandi (087732585157)

PENUTUP
Demikian Petunjuk Teknis Lomba Lintas Alam Lembaga Kemahasiswaan VI ini disusun sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan bagi semua pihak yang berkepentingan. Kami berharap bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan generasi unggul yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan ridho dan karunia-Nya agar kita dapat bermanfaat dan memanfaatkan alam raya. Salam Pramuka!

Bogor, 10 Agustus 2017
Penyelenggara,
UKM Pramuka IPB
Racana Surya Tirta Kencana-
Inggita Puspa Kirana