Press Release LLALK 4 (2014)

Press Release

Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan ke-4

UKM PRAMUKA IPB

llalk4

Foto bersama usai upacara penutupan dan pembagian piala

Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka racana Surya Tirta Kencana-Inggita Puspa Kirana IPB merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam dunia kepramukaan. Salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas adalah menjaga lingkungan agar tetap lestari, sesuai dengan point kedua Dhasa Dharma Pramuka yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Dalam program kerja Dewan Kerja Racana tahun 2014 Divisi Eksternal mengadakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang bernama Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan IPB. di IPB. Selain untuk meningkatkan kecintaan kepada alam, LLALK ini mempunyai tujuan sebagai ajang berkumpul, saling mengenal serta untuk menjalin silahturrahmi antar LK dan OMDA di IPB.

Tahun 2014, untuk keempat kalinya UKM pramuka mengadakan kegiatan Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan IPB (LLALK 4). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 25 Mei 2014 di desa Tajur Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, yang bertema “Dengan Mengenal Alam dapat Lebih Menghargai dan Melestarikan Alam”. Lomba Lintas Alam ini diikuti oleh Himagreto, Menwa (Resimen Mahasiswa), Himakova, UKM Panahan. Tiap Lembaga Kemahasiswaan masing-masing mendelegasikan satu tim dan untuk Menwa dan Himagreto masing-masing mendelegasikan dua tim. Jumlah peserta pertim terdiri dari 3-5 orang.

Peserta berkumpul pukul 05.00 WIB di Sanggar pramuka, dilanjutkan dengan daftar ulang peserta dan pengambilan slayer serta pin LLALK 4. Setelah semua peserta melakukan daftar ulang, lalu perjalanan menuju tempat lomba (desa Tajur). Keberangkatan dimulai pukul 06.45 WIB, perjalanan ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam. Peserta sampai di lapangan Desa Tajur sebagai start dari perlombaan, pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan selanjutnya adalah upacara pembukaan sebagai pembuka kegiatan sekaligus pelepasan peserta yang dipimpin oleh   drh. Fajar Satrija, M.Sc, phD. selaku Pembina UKM Pramuka IPB.

Perjalanan lintas alam dimulai pukul 09.47 WIB oleh tim pertama dari Himagreto 2. Tiap tim diberikan jeda peberangkatan selama 10 menit. Lintas alam tahun ini melewati seluruh desa Tajur dengan berbagai medan, mulai dari sungai, bukit, lembah dan perkampungan. Tujuan dari lintas alam ini adalah agar mahasiswa lebih mengenal alam sekitar. Sepanjang rute perjalanan terdapat pos-pos sebagai tempat peristirahatan yang diisi dengan game-game seru oleh panitia. Game-game tersebut diberikan dengan tujuan untuk melatih kekompakan, kedisiplinan, kecekatan, kepemimpinan, dan mengasah pemikiran.

Game yang diberikan yaitu: pos pertama tentang pengetahauan kebencanaan yang diisi oleh tim Forepna (Forum Relawan Peduli Bencana). Pos ke-2 terdapat permainan spidernet. Pos ke-3 terdapat 2 permainan yaitu panahan dan pukul air. Pos ke-4 terdapat permainan Tri mas ketir. Pos selanjutnya adalah pos  5 sebagai pos pengetahuan umum sekaligus pos terakhir. Peserta diberikan tantangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panitia mengenai pengetahuan tentang IPB, Indonesia dan wawasan umum lainnya  sambil memainkan hulahup. Tujuan dari permainan-permainan tersebut tak lain adalah untuk melatih kekompakan, kedisiplinan, kecekatan, kecerdasan dan kepemimpinan.

Hingga waktu yang ditunggu-tunggu peserta tiba yaitu Pengumuman pemenang yang dilakukan setelah upacara penutupan sekaligus menutup acara LLALK 4 di Lapangan Desa Tajur. Pemenang pertama diraih oleh tim Menwa 1 sekaligus sebagai juara umum dan memperoleh piala bergilir Rektor IPB, pemenang kedua oleh tim Menwa 2, dan pemenang ketiga adalah tim Himagreto 2. Masing-masing kelompok peserta pemenang memperoleh piala dan uang pembinaaan.

Hasil Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan 4 (LLALK 4):

Juara 1:

Tim Resimen Mahasiswa (Menwa) 1, skor akhir 107,3 point.

Juara 2:

Tim Resimen Mahasiswa (Menwa) 2, skor akhir 101,8 point.

Juara 3:

Tim Himpunan Mahasiswa Geofisika dan Meteorologi (Himagreto) 2, skor akhir 93,6 point.

 

Hasil Penilaian Lomba Lintas Alam antar Lembaga kemahasiswaan 4

Skor Akhir

No

Nama Tim

Point dari POS

Point  dari waktu

Total Point

Juara

1

Himagreto 2

63.2

30.4

93.6

3

2

Himakova

59.3

22.4

81.7

5

3

Panahan

65.3

19.6

84.9

4

4

Himagreto 1

66.5

4.8

71.3

6

5

Menwa 1

72.5

34.8

107.3

1

6

Menwa 2

72

29.8

101.8

2