Press Release LLALK 3

Press Release

Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan ke-4

UKM PRAMUKA IPB

Lomba Lintas Alam Lembaga Kemahasiswaan (LLALK) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan UKM Pramuka IPB dalam rangka mempererat silaturahmi antar LK dan Omda. LLALK 3 telah dilaksanakan pada Minggu, 26 Mei 2013 lalu dengan peserta berasal dari Omda KKM-KB (Kudus), Kelas Q07 TPB, LK Merpati Putih, LK Himakova, Omda HIMMAKA (Majalengka), Omda KEMALA (Lampung), LK Himasiltan, DPM-MPM KM, dan BEM Diploma. Kegiatan tersebut memperebutkan Piala Rktor dan Piala Bergilir Rektor IPB serta uang tunai masing-masing 500rb, 350rb, 250rb untuk juara 1, 2, dan 3.

LLALK 3 tahun ini memiliki tagline “Bersama Alam Wujudkan Sinergitas di Tahun Emas”, hal tersebut dilandaskan pada Dies Natalis IPB ke-50. Kegiatan tersebut dimulai dengan upacara pembukaan yang bertempat di Lapangan Gadiator. Upacara dipimpin oleh Presma IPB (Muhammad Sigit Susanto) serta dengan Pembina Bapak Rimbawan. Peresmian pembukaan lomba ditandai dengan penancapan kujang pada kelapa muda dan penyematan tanda peserta yang dilakukan oleh pembina upacara. Kegiatan dilanjutkan dengan persiapan perlengkapan peserta untuk memulai perlombaan.

Start perlombaan dimulai dengan Tim LK Merpati Putih pertama melaju track perlombaan diiukuti oleh tim lainnya. Perjalanan mencari jejakpun dimulai, setiap tim harus kompak dan semangat dalam mencari jejak yang telah dipersiapkan oleh panitia. Lintasan track tahap pertama dilalui peserta dengan cukup mudah, seluruh tim berhasil melaluinya dengan semangat yang membara. Lintasan track kedua ternyata membuat beberapa tim tersesat hingga empat tim tersesat mencari jejak, tim panitia langsung menyisir kemudian memberangkatkannya melalui track yang sebenarnya.

Pos pertama menjadi persinggahan setiap tim untuk unjuk kebolehan timnya, tantangan serta soal diberikan setiap pos untuk menguji tingkat pengetahuan serta keterampilan setiap tim. Perlombaan yang berada di pos tidak kalah menantang yaitu peserta pula diuji dengan permainan masa kecil serta lomba tradisional, hal tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan kembali masa kecil yang menyenangkan dengan permainannya. Setiap Tim mengumpulkan point disetiap pos untuk menambah akumulasi nilai untuk menyelesaikan perlombaan hingga ke puncak gunung kapur.

IMG-20150406-WA0011

Kegiatan LLALK 3 merupakan bukti nyata kepedulian UKM Pramuka IPB untuk mempererat silaturahmi baik antar LK maupun antar Omda dilingkungan pendidikan IPB. Kegiatan tersebut pula diadakan agar Mahasiswa IPB mampu peduli dan mengetahui lingkungan yang berada disekitar kampusnya sehingga kepekaan akan dapat terwujud dengan demikian dilakukan penanaman pohon pada LLALK 3 selain itu, agar mahasiswa memiliki kemampuan lebih tidak hanya sekedar dalam pendidikan namun, dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari(Adhimas, Ketua Pelaksana LLALK 3).

Penutupan dilaksanakan di kaki gunung kapur disekitar camp yang disediakan panitia.  Sorotan lampu dua mobil menjadi penerang kegelapan ditengah upacara penutupan, pencabutan kujang pada kelapa menandakan kegiatan ditutup. Pengumuman juarapun menjadi hal yang ditunggu-tunggu peserta, Juara 3 diraih oleh Tim LK Himakova 1 dengan skor 361, Juara 2 diraih Omda Kemala dengan skor 373.36 berbeda tipis dengan juara 1 yaitu 373.82 diraih oleh Tim Himasiltan sekaligus membawa pulang piala bergilir Rektor IPB. Perlombaan Tradisional dimenangkan oleh Omda Kemala, Perlombaan Hasta Karya dimenangkan oleh Omda HIMMAKA (Majelengka), Omda Kemala, dan Himasiltan, dan Perlombaan Pengetahuan Umum dimenangkan oleh Omda Kemala (Lefin dan Rizal, Liputan khusus LLALK 3).

 

Hasil Lomba Lintas Alam Lembaga Kemahasiswaan (LLALK 3)

Juara 1 Piala Rektor          : Himasiltan (Himpunan Mahasiswa Hasil Hutan)                Skor 373.82

Juara 2 Piala Rektor          : Omda Kemala (Keluarga Mahasiswa Lampung)                  Skor 373.36

Juara 3 Piala Rektor          : Himakova 1 (Himpunan Mahasiswa Konservasi, Tim 1) Skor 361.00

Piala Bergilir Rektor IPB

Himasiltan (1x)

“Bersama Alam Wujudkan Sinergitas di Tahun Emas”